السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ...... Selamat datang di Sakinah Sehat Kreatif. Dukung kami dengan like fanspage, dan follow twiter kami agar kami dapat terus berbagi dan berkarya. Terima kasih dan Enjoy learning... ^_^

Friday, 6 January 2017

Taman Wisata Wendit yang Asri nan Damai

Hari libur merupakan hari spesial yang ditunggu-tunggu oleh siapapun, karena pada hari tersebut orang dapat melakukan banyak hal diluar kesibukan dan rutinitas sehari-harinya. Hari libur biasanya digunakan untuk melakukan hobi, berkunjung ke sanak saudara, beristirahat atau liburan bersama teman dan keluarga. Beberapa bulan yang lalu, saya berkesempatan untuk berkunjung ke rumah sahabat saya di Kota Malang, Kota apel yang sejuk dan punya banyak surga wisata. Dari sana kemudian saya diajak ke sebuah taman wisata yang sedikit asing di telinga saya. Dia adalah Taman Wisata Wendit. Memang tidak sefamiliar Jatim Park, Taman Bunga Selecta, atau Wisata Sengkaling. Tapi siapa sangka taman wisata ini berhasil merebut hati saya (hehehe).


Taman Wisata Wendit terletak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang sekitar 8 km dari pusat Kota Malang. Lokasinya terletak di tepi kanan jalan utama arah ke Gunung Bromo melalui Tumpang (lewat) Poncokusumo. Wendit memiliki sumber air yang sangat jernih dan masih alami. Sumber airnya juga menjadi salah satu sumber air bagi PDAM Kota Malang. Lokasi wisata alam yang dipadu dengan wisata buatan dan menempati lahan seluas 9 hektar ini memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk wisata olahraga air, sejarah, pendidikan dan konservasi hutan kota.

 

Tempat wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Arjosari Malang bisa naik angkutan jalur AT (Arjosari-Tumpang) warna putih kombinasi hijau. Bagi anda yang membawa kendaraan rpibadi ada fasilitas parkir untuk mobil dan sepeda motor yang luas di area wisata. Harga tiket masuk ke area  wisata Wendit adalah Rp10.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak). Untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya Anda kan dikenakan biaya lagi. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 2000 – Rp. 500.000 tergantung fasilitas dan wahananya.



Tempat wisata ini pada dasarnya merupakan sebuah kolam renang alami (dari sumber mata air asli) dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas sebagai sarana rekreasi, seperti wahana air untuk anak-anak dan keluarga. Fasilitas yang disediakan saat ini meliputi kolam renang anak-anak, kolam renang dewasa, kolam arus, area pemancingan, kolam spa, waterboom, carousel, bombom car, worm coaster, perahu angsa, sepeda air, mandi bola, delman domba, flying fox, sepeda trail, ATV, restoran apung, kantin, tempat outbond, cottage dan beberapa wahana maupun fasilitas penunjang lainnya. Berbagai arena permainan anak dan kios penjual makanan yang berderet rapi serta taman-taman bunga yang indah menambah kecantikan taman wisata ini.



Menurut sejarah dan kepercayaan masyarakat sekitar, konon katanya Taman Wisata Wendit ini dulunya merupakan lokasi peristirahatan raja kerajaan Majapahit yaitu Hayam Wuruk. Daya tarik yang khas obyek wisata ini adalah adanya puluhan kera yang bebas berkeliaran di hutan kecil dan menghuni di pepohonannya. Kera-kera di sini berjenis kera ekor panjang (macaca fascicularis). Kera-kera ini kadang-kadang turun dari pohon untuk untuk mencari makanan dari para pengunjung yang lewat. Apabila anda ingin memberi mereka makanan, anda dapat membeli kacang yang menjadi makanan favorit para kera di kios pedagang seharga dua ribu rupiah saja. Tetapi tetap hati-hati dan waspada ya apabila memberi makan kepada kera. Bagi anda yang membawa anak-anak juga dihimbau agar selalu menjaga dan mengawasi anak anda, karena kera-kera ini merupakan hewan liar kendati ramah kepada para pengunjung.

Di Wendit, Anda juga bisa menikmati indahnya telaga air dengan perahu kayu. Di sekitar telaga terdapat restoran dan beberapa pondok wisata. Bangku-bangku santai berjejer di tepi pemandian. Di sini, wisatawan juga bisa melihat beberapa peninggalan sejarah berupa arca kuno tersebar di sekeliling Pemandian Wendit. Kalau ingin berkeliling mengitari kawasan hutan di Wendit, pengunjung bisa menyewa kuda dengan pemandu yang memakai seragam ala punggawa kerajaan tempo dulu. Panoramanya yang asri dengan banyak pepohonan besar yang rindang, taman-taman yang hijau, dan telaga air yang jernih didukung dengan hawa yang sejuk, membuat siapa saja pasti betah berlama-lama disini. Taman wisata ini cocok bagi anda yang membutuhkan suasan tenang nan damai, ingin bersantai melepas penat, atau juga mencari inspirasi.






0 comments:

Post a Comment

Mari kita budayakan berkomentar yang baik dan santun ya sobat.