السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ...... Selamat datang di Sakinah Sehat Kreatif. Dukung kami dengan like fanspage, dan follow twiter kami agar kami dapat terus berbagi dan berkarya. Terima kasih dan Enjoy learning... ^_^

Sunday, 10 August 2014

3 Keutamaan Shalat 5 Waktu

Di era globalisasi yang semakin keras ini, terkadang kita terlena oleh kesibukan mencari kebahagiaan dunia sehingga mengesampingkan kepentingan akhirat. Padahal sebagai seorang muslim kita harus bisa profesional dan seimbang dalam urusan dunia dan akhirat. Apalah arti kebahagiaan dunia tanpa Ridlo dari Allah SWT. Allah telah menetapkan misi kita di dunia ini yang tak lain adalah beribadah kepada-Nya. “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56). 

Salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT adalah shalat fardhu 5 waktu. Shalat merupakan rukun islam kedua yang merupakan ibadah yang sangat dicintai oleh allah SWT bila dijalankan dengan sempurna. Shalat juga merupakan amalan yang pertama kali dihisab di akhirat kelak dan menentukan baik buruknya amalan-amalan kita yang lain sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, "Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana shalatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya.” (HR. Tirmidzi)". Rasulullah Saw. uga pernah bersabda: “Shalat adalah tiang agama. Barangsiapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barangsiapa yang meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agamanya.” (HR. Baihaqi). Hal ini menunjukkan betapa shalat 5 waktu merupakan sebuah ibadah yang sangat penting bagi seorang muslim, dan tidak boleh ditinggalkan. 

Dibalik kewajiban menjalankan shalat ini, Allah telah menyisipkan banyak keutamaan dan kemuliaan bagi muslim yang menjalankannya.

1. AMALAN YANG DISUKAI ALLAH SWT

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, amalan apakah yang paling afdhol?” Jawab beliau, “Shalat pada waktunya.” Lalu aku bertanya lagi, “Terus apa?” “Berbakti pada orang tua“, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.  “Lalu apa lagi”, aku bertanya kembali. “Jihad di jalan Allah“, jawab beliau. (HR. Bukhari no. 7534 dan Muslim no. 85)

2. PENGHAPUS DOSA

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara shalat yang lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya, di antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 233)

Abu Dzar r.a. berkata : Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam keluar dimusim dingin, sedang daun pohon banyak rontok, maka ia mengambil dua dahan, sedang daunnya rontok maka bersabda : Hai Abu D-zar. Jawabku : Labbaika ya Rasulallah. Lalu bersabda : Seorang hamba muslim jika shalat dengan ikhlas karena Allah maka rontok dosa-dosanya sebagaimana rontok daun dari dahan pohon ini. (H.R. Ahmad).

Ibn Umar r.a. berkata : Sesungguhnya seorang hamba bila ia berdiri shalat maka diletakkan semua dosa-dosanya diatas kepala dan kedua bahunya, maka tiap-tiap ruku' atau sujud rontok (berjatuhan) dosa-dosanya itu. (H.R. Atthabarani, Albaihaqi)

Anas r.a. berkata : Tiada dua Malaikat yang mencatat amal itu, menghadap pada Allah membawa shalat seorang dua kali sembahyang, melainkan Allah berkata pada kedua Malaikat itu ; Aku persaksikan pada kamu berdua bahwa Aku telah mengampunkan pada hambaKu dosa-dosa yang terjadi diantara dua kali sembahyang itu. (HR. Albaihaqi)


3. CAHAYA PENYELAMAT

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menjaga shalat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf.” (HR. Ahmad 2: 169. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

subhanallah, betapa shalat merupakan ibadah yang mengandung kemuliaan dan keutamaan yang luar biasa bagi muslim yang mau mengerjakannya. Semoga allah senantiasa memberikan kekuatan lahir batin kepada kita agar tetap istiqomah menjalankan shalat. aamiin :)




0 comments:

Post a Comment

Mari kita budayakan berkomentar yang baik dan santun ya sobat.